A Good Loss

Hai, cutes! Wow, it’s been four months (or more?) since I’ve posted. I can’t believe I neglected this blog again. I’m so sorry that I can’t sustain regularly because I’m not disciplined enough to do so. I guess it’s official now: I am such a terrible blogger😅 

Anyway, I would like to take this time out to talk about something that’s been bugging me the past few weeks. I feel like I need to share this with you guys. Listen, this may sound like some kind of teenage stuff, but it’s still important and I really hope you can learn something good from my unpleasant experience, like, don’t judge someone by their mistakes. Seriously, guys, it’s not nice at all. Okay, get ready, this is going to be a quite long post. Here it goes...

I remember when it was my first year in high school. I had this black jacket with a hood that I always wore. It wasn’t a stylish jacket and it wasn’t as thick as I had expected. I didn’t hate my jacket, but I didn’t like it either. Actually, the only thing I found very useful about it was the large flap pockets on the front side. I could stuff everything into my pockets, like my phone, wet tissue, headphones, and some money. It’s almost like Doraemon’s magic pocket, lol.

I wore it everywhere because it was my only jacket. Why didn’t I buy another one? Well, I would always chose food over clothes, hehe. So, the clothes I wore were sort of boring looking. It was typically something my mama got for me, because frankly, I didn’t really care what I wore and how I looked.

When I finally went to college, my old jacket started to feel uncomfortable to wear because it was a little tight and the sleeves felt shorter. But I didn’t care. I still kept it because, again, it was my only jacket. And when the weather got too hot, I refused to put the jacket away in my wardrobe. Instead, I tied it around my neck. You know, just in case the weather changed, I could just wear it right away.

The first few weeks on my second semester, I still had my jacket with me and I still wore it everywhere, then I accidentally lost it one day. I left it somewhere. I got freaked out. I tried really hard to remember where I left it, but I couldn’t get any idea. I was very angry and hated myself for being so reckless, irresponsible and stupid. I couldn’t stop blaming myself for forgetting things easily.

Weeks went by, I was still so upset and I hadn’t bought a new jacket. I guess it’s because I had my old jacket for so long that I didn’t feel like I want to get a new one until I went to a shopping place with my friends after school and I saw this big grey cotton hoodie with zipper and two pockets on the front side at one of the stores. I must say, it was almost like love at the first sight.

I bought it without a second thought. And then after a while, I began to love my new hoodie more and forget my old jacket. I have more than one hoodie now, but they’re not as special as the grey one. It’s my favorite. And what I really like about my hoodie is that it’s so big and thick. So, it’s definitely way better than my old jacket.

At the moment, when I’m with one of my friends, I feel like we don’t fit anymore. At first I blamed myself for that. I thought I caused that. Well, last month, I was acting up and I said something wrong to her. She was offended, but I did apologize and she said it was okay. She forgave me and we talked like we had no problem. But after a few days, she deleted my number and starts to act cold toward me. She no longer talk to me anymore.

I don’t understand. She won’t talk about it. And lately I found out that she started to talk about me behind my back. I won’t tell you the details, how I found out about it. The point is, she became so judgmental to me. That’s not nice. I never do that to her. I understand if she’s still mad at me for what I said to her, but that doesn’t mean she can judge me for everything I do, make assumptions she knows nothing about and talk crap about me to her friends, family or anybody else.

She’s not my best friend, but we’ve been friends for more than 10 years and now I feel like I don’t know her at all. I just wish she would talk to me and tell me what’s going on instead of ignoring me and making up stories about me. Not talking about whatever problem she has with me definitely won’t solve anything, don’t you think? And talking bad about someone behind their back is absolutely childish. If she’s still mad at me for something else, then just tell me so that I know what I did wrong.

I am not a saint. Obviously. I’m not always right about everything and I don’t always do everything right. So, when I’m wrong, I will absolutely apologize to them sincerely. Unfortunately, there are some people who are so selfish, who only see the negative side of someone else, who wrongly judge others by their mistakes and label them as a bad person no matter how sorry they are and how hard they try to be better.

Sometimes I like to imagine if our friendships are a bit more like clothes. I mean, when they start to feel uncomfortable to wear, it’s not because we have done anything wrong. Just like my old jacket. I had grown so big that the sleeves felt shorter. If the sleeves are longer, a tailor can easily fix that, of course. If they’re shorter by more than an inch, that’s when you know you should ditch the jacket because the sleeves can’t be let out long enough to fit properly.

On my first semester in my college, I knew exactly that my jacket was no longer comfortable to wear. I should’ve put it away, but I didn’t, because I thought nothing could replace my jacket. And then I made a stupid mistake by losing it somewhere so I had no other choice but to let it go. I guess it’s the same thing with the friendship between me and her.

After spending some time to think about it, I’ve come to realize that I don’t want to let myself down because of this. So, I’ll just try to see the positive side of this problem and make the best out of my bad situation right now. I think it's time to let her go and just be friends with those who make me feel good about myself. I won’t try to squeeze myself into a friendship that hurts me anymore. Who knows I'll make new better friends in the future, right?

Normally, most people would feel hurt, enraged, saddened, or even worthless when they get judged by someone close to them. Oddly, I feel nothing but relieved and thankful somehow. Of course, I was shocked and disappointed at first. I mean, I never thought someone I valued as my friend would easily judge me like that and make crazy assumptions she knows nothing about, but then I thought if I didn’t say wrong things to her that day, this wouldn’t happen and I would never know her true colour. Right?

She’s been a good friend for more than a decade, but I think I can’t be friends with her anymore. If the only thing she can see in my is my mistake and she’s going to spend all her life judging everything I do, accusing me of doing something I never did, talking bad about me behind my back, well, then losing her as a friend should be something I’m grateful for.

Enough is enough. We had a good long friendship, but I need to be realistic and kick all the negativity out of my life. I don’t want to waste my precious time and energy for her. She’s a big girl anyway. She knows what’s right and what’s wrong, what she should do and what she should not. So, if she really thinks doing all that is a good thing to do, then let her do all that. I’ll just move on with my life. Nothing lasts forever though, but hey, you can always start fresh, right?

So, it’s okay. I was disappointed, but I’m perfectly okay now. I’m not even sad or mad at her. Oh, is it even worth my time and energy to be mad? I don’t think so. I’ve decided I would rather go through life being happy. And sometimes that means letting go.

What she’s doing to me is not nice, but I guess it’s just the way she is. People love to judge others and they don’t even care if it’s hurting other people’s feelings. They just keep judging for every single thing you do, like they never did anything wrong and you never did any single good thing all your life. It’s like, when you make a mistake, then people will judge you forever no matter how hard you try to be better.

The fact is, people nowadays are so quick to judge without understanding the whole matter and make up stories they know nothing about, forgetting that they maybe will face exactly the same situation one day. But making mistakes is human nature, right? And humans also have a terrible habit of judging others solely based on their mistakes. People often forget that. I am not perfect (I never claim to be) and so is she. I believe one day, someone out there will treat her the same way she’s treating me now. She will learn. Maybe. If not, then… just let it be. I forgive her already.

So, this is it. Being friends with someone for so long doesn’t always mean you know them well. And sometimes you have to find out who your real friends are the hard way. It’s mostly an unpleasant experience to go through and it can also be a hurtful one. BUT, it’s also an experience you’ll be glad you had in the long run. It will shock you or sadden you at first to realize that someone you cared about and who you thought cared about you, doesn’t care about you at all. I hope you learn something good from my experience.

Now, I have a question for you guys:
How would you feel if someone you’ve been friends with for years judges you by your mistake and make crazy assumptions about you? Would you feel hurt? Has any of you ever been in this kind of situation? Let me know your thoughts in the comment below and share your story! ❤️

46 comments:

  1. Km cukup dewasa dlm menghadapi sikap teman kmu yh. Klo aku mgkin udh labrak dya. Ini prnah kjadian sm aku jg mbak.Dlu prnah ad yg ngmongin ak d blkang.. aku tpi aku ga sesabar mbak dan gmpang memaafkan. Kmu hebat sih bs maafin. Aku salut!

    ReplyDelete
  2. Yang sabar ya, kak ... menghadapi situasi ngga ngenakin hati dan pikiran begitu.
    Semestinya kalau ada apa-apa itu lebih dibicarakan secara langsung duduk permasalahannya apa yang bikin suasana hubungan jadi renggang.
    Bukan lalu tanpa ada kata2 atau mencoba cari solusi ..., tau2 menjauh begitu.

    Semoga lebih cepat move on, dan jangan larut dalam kesedihan.
    Semangaaat 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak tul! Harusnya begitu yah, bisa bersikap dewasa dgn membicarakan masalah apapun yg dia punya pada saya. Saya fleksibel aja. Saya tidak mau ambil pusing. Mau temenan ya syukur, kalo gak ya sudah.

      Oh tenang. Saya sudah move on. As I wrote on the post, tak ada rasa penyesalan dan kesedihan. ✌🏼

      Delete
  3. Menjawab pertanyaan di akhir pos ini: Iya, saya pernah mengalaminya, dihakimi karena pernah berbuat salah tanpa mereka coba menghakimi apa yang sudah pernah mereka lakukan juga (salah). Kalau boleh dibilang, sekarang pun saya mengalaminya. Entahlah, sifat dasar manusia memang seperti itu. Inilah yang sering disebut orang-orang; meminta maaf itu mudah, tapi memaafkan belum tentu. Padahal orang yang meminta maaf adalah orang yang menang berperang dengan dirinya sendiri dan berusaha memperbaiki sebuah hubungan. Sedangkan yang sulit memaafkan dan cenderung menjauh memang belum menang melawan egonya sendiri ... hehe. Panjang ya komentarnya.

    Anyway, saya suka filosofi jaket/hoodie itu. Jika tidak muat, kita tidak bisa memaksakannya. Akyu terpana membaca pos ini.

    ReplyDelete
  4. Tetap semangat. Mbak pasti mampu mengatasi masalah ini.

    ReplyDelete
  5. You can not control other peoples' "actions". You CAN Only control YOUR Reactions to their behavior. I believe the high road should be taken (for your own peace of mind and to take away any further ammunition for them to use against you.) I would let them talk and eventually they will get bored if you don't respond in kind. Their actions ( gossiping about you behind your back) don't warrant an explanation from you- they acted to show their true colors(real friends won't ever talk about you behind your back!) and the best thing you can do is what you have already done, cut them out of your life! Good job!

    ReplyDelete
  6. Temen ngmongin dari blakang itu emg ga enak. Pengecut. Sya suka gmn cra kamu ttp tenang dan tidak melanjutkan hidup tnpa dy. Memang sharusnya spt itu.. tdk usahlah pusing dgn apa yg org lain bilang. Lanjutkn saja hidup km. Km benar.. nanti km akan pny teman lbh byk lagi yg lbh baik lagi. Kehilangan 1 org shrusnya tdk jd msalah. Aplg org yg spt itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gmn mksudnya? Tidak melanjutkan hidup tnpa dia?? Waduhh... mbbaaaak jangan bunuh diri mbaaak dosa besar ituuu!! Haduh mbaak... istighfar mbaak. Sadarr!!! Berpasrahlah pada Gusti Allah... insya Allah semua ada jalan keluarnya. Eling mbaaak!!

      Delete
  7. Setiap kesulitan pasti akan cepat berlalu mba, Semangat! :)

    ReplyDelete
  8. Semangat! Yang toxic2 dibuang aja biar hidup makin namaste.

    ReplyDelete
  9. Orang-orang yang menggosipkanmu kepada orang lain cenderung melakukannya karena rasa sentimen yang tidak objektif. Mereka cenderung lebih mengutamakan bagian emosional dibanding logika.

    KUMAN DI SEBERANG LAUTAN TAMPAK
    GAJAH DI PELUPUK MATA TAK TAMPAK

    Pepatah di atas memang paling pas untuk menggambarkan para backstabber ini. Sebagai manusia kita seharusnya sadar bahwa kita memiliki kelebihan dan kekurangan yang merupakan anugerah dari Tuhan. Tidak selamanya kita selalu berbuat baik, ada kalanya kita melakukan kesalahan-kesalahan dalam hidup. Namun, bagi para backstabber, kesalahan yang kita lakukan adalah peluang baginya untuk menjatuhkan diri kita.

    Memang tidak enak rasanya ketika tahu ada seorang teman yang membicarakan hal buruk tentang kita di belakang. Berbagai perasaan kesal, marah, ketakutan akan dijauhi, dikucilkan, dipandang sebelah mata, dan sejenisnya oleh orang lain akan langsung menghantui pikiran kita.

    Yang bisa kamu lakukan adalah tetap jadi dirimu yang terbaik, lakukan sesuatu secara total dan bersungguh-sungguh. Dan ingat, kamu hanya perlu membahagiakan orang-orang yang sungguh-sungguh peduli dan mencintaimu.

    ReplyDelete
  10. Menjawab pertanyaan di akhir cerita, yup pernah. Dan biarlah, kita nggak bisa mengendalikan sikap oranv kepada kita, dan nggak bisa membuat setiap orang berpihak kepada kita. Kadang saya hanya "ya sudahlah" , perjalanan terus berputar. 😐😁

    ReplyDelete
  11. Sering.. dan di mana pun akan ada orang-orang seperti itu.
    Yang penting kita tetap sabar, terus kalau digosipin ini dan itu, mencobalah untuk tidak pernah menghiraukan mereka.

    Dan ketika perasaan kecewa itu datang, iya, nikmatilah.. aku sering mengalami hal itu.

    Dan dari itu, kamu akan tahu siapa yang benar-benar peduli padamu.

    ReplyDelete
  12. Kalau saya lebih suka jaket yang tidak ada tudungnya. Dan biasanya itu jaket kulit/. Semakin lama itu jaket kulit akan tampak lebih mempesoana walau baunya juga semakin menyengak.
    Tapi mau tidak mau harus tetep membuka diri, harus punya jaket lebih dari satu, untuk cadangan jika jaket yang petama hilang tau mungkin belum kering saat dicuci.
    Untuk teman, aduh saya sudah banyak pengalaman. Awal mulanya memang semua serba kepikiran, dan berusaha untuk mencari pembenaran bahwa aku tidak seburuk apa yang dikatan orang lain.
    Tapi lambat laun sadar juga, bahwa cara itu tidaklah baik. dan justru membuang energi.
    Terus melangkah dan terus berbuat baik, positif dalam berpikir itu lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
  13. sabar yaaa.. didunia manapun, di lingkungan apapun kita akan menemui model model macam orang seperti itu kak,, pindah ataupun menghindari gakan menghasilkan solusi,, yang pasti harus sabar dan gausah dianggap..

    Pokonya ingat aja setiap ada kesabaran, pasti ada berkah dan nikmat yang menunggu,, semangatt donk nulisnyaaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. That’s exactly what I meant🙂 You really get my point.

      Delete
  14. Menjawab pertanyaan di bagian akhir tulisan ini:

    Iya dan itu sangat menyakitkan, tetapi jika diibaratkan dengan jaket. Bisakan dijahit kembali untuk dipakai lagi. Salam, menarik dan reflektif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jaketnya bolong, tentu saja bisa ditambal. Dalam kasusku, jaketku sudah terlalu sempit dan lengannya sudah terlalu pendek. Jaket SMP mas bray...

      Seperti yg aku tulis:
      “Jaketku tidak lagi merasa nyaman aku kenakan karena aku telah tumbuh besar hingga lengannya terasa lebih pendek dan ukurannya terasa lebih sempit. Jika lengannya panjang, seorang penjahit tentu bisa memperbaikinya dengan mudah.”

      Dibaca teliti, mase.. 🙂

      Delete
  15. makanya mbak temenan sm cwok aja. ga ribet. Cwek ribet mbak. mnurut saya kaum hawa itu ganas bahkan pada sesamanya. Semoga sehat selalu. Salam rukun dan damai. Peace.

    ReplyDelete
  16. Yang sabar y neng
    Siapa tau nanti ketemu jaket yg pas lagi
    Itu bukan badan kamu yg bertambah besar
    Tapi jaketnya yg mengecil

    ReplyDelete
  17. salut dengan cara mbaknya menghadapi teman seperti itu. Bagus itu. Jangan terlalu dipikirkan. Sebaiknya memang pertemanan yang tdk sehat tidak usah dipertahankan. Saya juga pernah alami seperti itu tapi dengan rekan kerja. Dulu kami sangat akrab sekali. Masa lalu.

    ReplyDelete
  18. Cara nulisnya asik. Gaya berceritanya kayak baca tulisan terjemahan. Ini keren, teman!

    Gue juga pernah dihakimi kayak gitu. Tapi nggak ambil pusing. Biarin aja. Toh, nggak terlalu berdampak buruk juga ke kehidupan. Kecuali kalau mereka udah nyebar fitnah dan bikin orang lain terpengaruh, gue pasti klarifikasi ke mereka. Terlepas dari itu, hasilnya ya biarkan mereka yang memilih. Mau percaya pada pembuat fitnah atau gue.

    ReplyDelete
  19. Syukuri aza. Tuhan kasi liat teman kau punya karakter.. he mantan temen. Orang spt itu adala orag yg tida bahagia dengan hidupnya. Dia senang bicara buruk tntang orang lain.. kalu tida bicara buruk dia tida senang. Cetek la itu.

    ReplyDelete
  20. Tulisan yang bagus sistt. Pas lagi baca bagian tentang jaket kesukaan yang selalu dibawa kemana-mana entah kenapa gue jadi berfikiran ke orang-orang jejepangan yang kemana mana sukanya pake jaket ahaha dan kebetulan gue juga lagi setel lagu jejepangan di youtube nihh hahaha jadi nyaru yaaa.

    Ada benarnya, semakin dewasa pun kita juga semakin sadar yaa mana yang perlu dipertahankan karena dibuat nyaman dan mana yang perlu ditinggalan bila memang sudah tak baik. Se-simple itu.

    Kalau gue, dari jaman sma punya temen satu geng gitu berempat. Kdg kalo bareng-bareng gitu gue ngerasa ngga dihargai, dianggep remeh, kdg dibuat sakit hati terlebih dihakimi, tapi buat mereka itu semua lelucon kali yaa. Karna gue gak bisa bertahan dgn siklus mereka, gue ga nyaman, yah gue tinggalin mereka pelan-pelan. Ninggalin mereka pun juga kdg diomongin yang jelek-jelek, di nilai buruk dari belakang, gue ga peduli. Tutup kuping dan intinya ninggalin mereka hahaha. Yang gak nyaman memang mesti dilepas...

    ReplyDelete
  21. Ya ada masanya kita dan sahabat mengambil jalan yang berbeda..mungkin karena sudah beda tujuan, minat dan lainnya

    ReplyDelete
  22. Saya juga pernah sih seperti itu. Maklum sifat orang itu berbeda-beda kita harus memahami orang lain dahulu. Kalau kamu sudah meminta maaf ya semuanya sudah plong hehehe. Masalah digosipin itu ya tantangan yang penting walaupun digosipin kita tetap harus baik kepada orang lain. Kenapa, karena itu bisa menjadi bukti bahwa kita tidak buruk seperti apa yang dikatakan orang lain :)

    Sama saya pernah seperti itu terlebih waktu ngampus di teknik wkwkwkwk anaknya kompak semua. Tapi beruntung saya tetap baik pada temen-temen. Ya yang tadinya temen-temen saya bersikap dingin perlahan bisa menerima saya.

    ReplyDelete
  23. iya nihhh kadang orang yang cerita di belakang sangat mengesalkan, bercerita dengan yang melebih lebihkan cerita... Kesal sekali diperlakukan seperti itu, seolah dia tau sebenarnya kita ini.. Hanya karena ingin pemes dengan cara yang seperti itu, sangat merugikan diri sendiri jika hal itu dibuktikan dengan kebenaran..

    ReplyDelete
  24. Namanya hidup, pasti suatu saat mengalami hal kayak gini.
    Kita gak bisa paksa sih semua orang bakal suka sama kita.
    Pasti ada aja yang gak suka sama kita hanya karena hal kecil atau hal sepeleh.
    Sepertinya satu kesalahan kecil yang kita lakukan bagi mereka itu hal besar yang patut buat dibesar2kan.
    Intinya sabar aja sih,heheh :D

    ReplyDelete
  25. Sampai baca ini berlulang ulang kali keren nih

    ReplyDelete
  26. Terkadang sekali melalaikan gak nulis memang suka gitu. Diawal memang serasa ada yang kurang, tapi perlahan juga akan merasa gak apa-apa, dan gak apa-apa. Begitu juga dengan kewajiban. Apapun itu :)

    Kejadian seperti itu pernah aku alami juga. Dan gak perlu disesali bahkan dibenci. Karena dari kejadian apapun dapat diambil pelajrannya. Positifnya diambil dan buruknya jangan.

    Baiknya memang harus dibicarakan, sama-sama dirundingkan dan cari solusinya. Harus saling mengerti memang, gak usah ingin selalu memang.

    Tetap semangat, dan terus berbagi dalam tulisan disini :)

    ReplyDelete
  27. Sabar... beginilah kehidupan
    tapi yakin aja, selalu ada kebaikan setelahnya
    sdh lama saya ga nimbrung2 nih...

    ReplyDelete
  28. Wuuu, ku tau kau kuad dan sabar.. Komunikasi emg penting bgt, diselesaikan baik2. . Pokoknya semangat trus ya!!!

    ReplyDelete
  29. Waduh. Kalo gue sih, ya kan lonya udah minta maaf. Paling nggak itu yang lo lakuin. Urusan dia lalu gimana gimana, itu urusan dia aja. *mendadak bijak

    Muahahaha. Kok kayaknya nggak cocok ya. \:p/

    ReplyDelete
  30. selalu ada balasan keburukan ataupun kebaikan,
    move on dan senyumin ajah :)

    ReplyDelete
  31. Tentu pernah.
    Bahkan itu semua terjadi belum lama ini.

    Tapi seperti yang kamu bilang, kita tidak harus memaksakan diri untuk terus-terusan bersama orang-orang yang secara kasat mata sudah jelas tidak menyukai kita lagi hanya karena satu--atau dua--kesalahan yang kita lakukan tanpa sengaja. Bahkan setelah kita minta maaf

    We don't need morons and their drama.

    We don't chase people anymore. If people want to be with us, they will be with us.

    I like your words. Serasa baca novel-novel Stephenie Meyers :)

    ReplyDelete
  32. Kalau bicarain orang lain dibelakang juga rasanya gemes banget gitu yaa, omongannya it gak bisa dijaga banget.. apalgi kalau dilebih lebihkan gitu, ak mau curhat jadi hati hati kalo sama orng yang gak terlalu deket dan gak terlalu kenal

    ReplyDelete
  33. Wah, jaket aja di jaga. Apalagi hati. Yhaa~

    Yang sabar aja mba. Karna orang yang sabar itu disayang Allah. Selalu ingat "Innallaha Ma'a Sobirin" artinya walaupun berbeda-beda tapi tetap satu.

    Salut sama mbanya. Keep fighting!

    ReplyDelete
  34. Wah, kamu cukup dewasa menghadapi hal demikian. Sebagai cowok saya lebih memilih diam dan " Bodo amat " karena saya berprinsip saya makan tidak minta dia hehe. Yang perlu diingat, usia kita memang bertambah tapi teman akan semakin berkurang. Disitu kamu akan menemukan siapa sahabat yang benar benar ada buat kamu dan menerima kamu apa adanya hehe

    ReplyDelete
  35. Baca bagian jaket yang hilang, jadi inget kaos polo kesayangan saya yang lenyap di jemuran. Entah ada tetangga lain yang salah angkat jemuran, atau emang dicuri. :(

    Analogimu bagus juga. :D

    Ya, mungkin emang sudah waktunya hilang, baik jaket ataupun pertemanan itu. Hidup pun masih bisa terus berlanjut. Seperti yang kamu tulis. Rasanya langsung pengin nyanyi lirik ini: Yang patah tumbuh, yang hilang berganti~

    Sama lagu pembuka Dragon Ball, orang pun datang dan akan kembali~

    ReplyDelete
  36. Kalau masalah pertemanan, cara sabar yang paling terbaik adalah "diam" atau "mengalah". Entah itu mengalah untuk tidak beeteman lagi, hehe. Good post, cantik! I feel u.

    ReplyDelete
  37. Hello sis! I didn't find the "follow" button on your blog feeds. Why? Whre is it?

    ReplyDelete
  38. semakin bertambah umur, semakin banyak pelajaran yg didapat, salah satunya ada dipertanyaanmu itu. kalau aku pribadi mulai meneguhkan prinsip cuek, bodo amat.

    Jaman SMA, ada juga tuh temen kayak gitu, ngejelekin aku di depan temen lainnya, bahkan sempet aku dicaci maki karena "kompor bledug" temanku itu didepan banyak orang. udah malu campur kesel dan marah, tanpa sadar udah mewek aja, padahal aku g tau apa permasalahannya sampai aku harus dibegitukan.

    permasalahan serupa pernah datang pas aku pertama kali kerja, tapi caraku menyelesaikannya udah beda dari jaman aku remaja yang cuman bisa mewek, sekalian aja aku balas dengan caraku, muehehehee.. prinsipku sih, aku g bakal balas serupa yang kayak dilakukan ke aku, tapi aku bakal lebih mempersulit dia dan membuatnya merasa menyesal.

    intinya, tidak semua orang menyukaimu, bahkan ketika kamu udah berbuat baik sekalipun, dan jangan pernah percaya pada siapapun, karena percaya pada manusia hanya akan sia-sia.

    ReplyDelete
  39. I had such a friend back in high school. I never knew what made her shun me, but some friends it was all about jealousy. I never really paid attention to it anyway. Anyhow, after we all graduated from college and work our different path, somehow those things are just childish things of a past.

    When I started to work, there was this older male senior (about eight years older than me) who did the same thing. But after we moved to different companies, everything went OK again.

    I believe, as long as we mean well, things will work out just fine. As long as we are not the one who hate, or the one who cheat, new good stuff are just coming from any direction.

    ReplyDelete
  40. Love this post 😍😍😍, make me more wise hehhehe. Keep rock girl !!

    ReplyDelete
  41. Duh, kalau bicara soal pengalaman sama temen, ku pernah dikhianatin kak. Klise, dia suka sama pacarku, dan pas kami putus, dia deketin mantanku itu. Kami sampai gak jadi balikan karena dia jelek-jelekin aku ke mantanku itu. Dan kemudian mereka jadian, hahaha. Sakit hatinya bukan karena mereka jadian, tapi lebih karena, kenapa temenku merusak kepercayaanku, itu sih

    ReplyDelete